Setiap kali Saudara\i berencana akan menambah kualitas suara studio atau ruangan, Anda berjumpa persoalan  kebisingan dan mulai fokus pada peredam suara dan Bapak/Ibu mungkin mendengar dua istilah busa Akustik dan Rockwool.

apabila kita berbicara tentang peredaman suara maka tujuannya adalah bakal mencegah suara datang dari luar daerah Anda dan dalam hal peredam suara lebih fokus bakal menemukan solusi dalam mengurangi  gaung  dan mengoptimalkan kualitas suara.

untuk mencapai kedua target utama Bapak/Ibu, bahan  terbaik yang digunakan di pasaran yakni busa akustik dan Rockwool, di sini busa akustik mampu membantu Saudara\i mencapai penyerap suara namun Rockwool lebih fokus pada peredaman suara

Mari pertama-tama fokus pada perbedaan, apa arti keduanya dan cara kerjanya, bakal alasan apa keduanya terutama digunakan dan busa akustik vs Mineral Wool perbedaan utama?

Bagaimana Busa Akustik dan Rockwool itu Berbeda

Apa itu Panel Busa Akustik?

Banyak orang menggunakan bahan  penyerapan suara bakal mengatasi kebisingan dan mengoptimalkan kualitas suara dan bakal tujuan itu, pilihan utama mereka yaitu mencari panel busa akustik.

Busa akustik juga dikenal seperti panel busa akustik yang berbeda dari busa konvensional dan yang dirancang khusus bakal perawatan akustik.

Tugas utamanya adalah buat mengurangi  amplitudo gelombang suara dan menghilangkan energi dalam bentuk panas.

jika Saudara\i mengetahui tentang apa itu kebisingan atau suara, maka Kita ingat bahwa gelombang kebisingan bergerak di udara dan memantul dari setiap permukaan yang mempunyai koefisien Noise Reduction Coefficient (NRC) atau kapasitas penyerapan yang lebih rendah.

Yang menyebabkan beberapa pantulan dari area yang berbeda bagaikan dinding, lantai, langit-langit dll dan kebisingan semakin menguat dan menghasilkan gema  di rumah atau ruangan.

akan mengatasi penguatan ini dan meminimalisir  pantulan gelombang suara, Anda membutuhkan material di atas semua permukaan reflektif ini yang menyerap gelombang suara dan mengurangi  pantulan dan material  terbaik merupakan panel busa akustik.

 

Jasa Pembuatan Peredam Suara Ruangan Home Theater

Bagaimana Panel Busa Akustik bisa Terlihat bagaikan Ini?

bila Kita sudah mengetahui apa itu panel busa akustik maka bagian selanjutnya yang harus dipelajari merupakan bagaimana cara kerjanya dan material  apa yang mereka buat.

Idealnya, setiap busa akustik terbuat dari busa poliuretan bagai polieter atau poliester. Ini tersedia dalam bermacam  ukuran, warna, dan bentuk dan dipotong dengan bentuk yang berbeda.

Beberapa panel busa akustik terbuat dari fiberglass yang memiliki kemampuan  gesekan terhadap gelombang suara dan lebih banyak disipasi getaran suara menjadi energi panas.

bagaikan yang dijelaskan sebelumnya, kekuatan gelombang suara tergantung pada amplitudo energi suara dan panel busa akustik buat memperkecil  hal yang sama dan itulah sebabnya  banyak digunakan di tempat-tempat ibarat gereja, aula, studio untuk mengoptimalkan kualitas suara dan memperkecil  gaung .


distributor peredam suara jakarta
Jenis Panel Busa Akustik

Panel busa akustik mempunyai properti yang berbeda akan menangani energi suara karena permukaan datar memiliki daya  menyerap gelombang suara yang lebih sedikit  dibandingkan dengan yang memiliki bentuk piramida atau peti telur.

Karena energi suara dapat berada di antara rentang frekuensi rendah-tinggi atau mungkin bass yang tidak mampu dijebak oleh panel akustik apa pun dan itulah sebabnya  ada bermacam  panel akustik yang tersedia di pasar.

  • Panel Busa Akustik Datar
  • Panel Busa Akustik EggCrate
  • Panel Foma Akustik Piramida
  • Wedges Panel Busa Akustik
  • Panel Busa Akustik Kotak
  • Panel Busa Bass Trap

Setiap panel busa akustik mempunyai kepentingan dan kemampuan nya sendiri buat mengurangi  gelombang suara.

Apa itu Rockwool Insulasi?

Ide utama busa akustik ialah akan menyerap gelombang suara, namun, jikalau Bapak/Ibu berpikir buat mencegah suara keluar dari area mana pun atau menghalangi suara yang tidak diinginkan masuk ke ruang pribadi Kita, maka Anda harus bekerja pada peredaman suara alih-alih menyerap suara.

bahan  utama yang digunakan bakal memblokir suara atau kedap suara merupakan material  isolasi, material  terbaik merupakan isolasi dengan memakai rockwool. Rockwool adalah bahan  akustik yang khusus digunakan selama konstruksi agar pas di antara partisi dinding atau langit-langit.

seperti juga semua tahu kebisingan bergerak dengan menggetarkan partikel udara namun Rockwool, terstruktur dalam bentuk tikar serat yang mencegah pergerakan udara dan pada akhirnya mengurangi  kebisingan.

Rockwool juga mempunyai kemampuan  unik untuk memadamkan api dan sangat tahan terhadap api, material  bakar, atau perambatan flam. seandainya Anda kesulitan dengan suara dari luar atau ingin mengikat suara studio band Saudara\i di dalam ruangan maka kekhawatiran Kita akan kedap suara dinding.

Dalam beberapa kasus sebagian besar dinding partisi terbuat dari Drywall, yang tidak cukup efisien buat memblokir suara yang datang dari sisi lain ruangan, jadi dengan memasukkan insulasi Rockwool Anda mampu mengoptimalkan Skor STC Dinding karena memantulkan kembali sebagian besar gelombang suara.

Bagaimana Isolasi Rockwool bisa Terlihat semacam Ini?

Rockwool adalah material  berserat yang dibuat oleh proses pemintalan atau penarikan (gaya tarik buat meregangkan logam) material  mineral seperti kaca, batu atau terak.

Dalam proses ini, bahan  kaca, batu atau terak yang meleleh dipintal menjadi struktur seperti serat yang berbeda dari semua material  isolasi lainnya. Rockwool sangat ringan dan mudah dipasang di sembarang tempat tanpa bahan  tambahan keras.

Ini dirancang dalam varietas yang berbeda berdasarkan penggunaannya bakal langit-langit, dinding padat, dinding rongga atau pipa, dll. Rockwool berpori dan elastis yang memungkinkan gelombang suara bakal masuk tetapi menjebak atau memblokir.

Rockwool dirancang akan tahan terhadap suhu di bawah 400 derajat Celcius yang membuatnya menjadi solusi tahan api bakal dinding rongga atau stud.

Jenis Isolasi Rockwool

Rockwool terutama dibuat dengan memanfaatkan gelas, batu atau limbah industri, yang berarti solusi daur ulang terbaik akan tujuan pengurangan kebisingan.

Berdasarkan jenis material  yang digunakannya telah dikategorikan menjadi dua bagian.

  • Rockwool kaca
  • Rockwool batu

Rockwool Kaca terbuat dari kaca daur ulang, pasir, batu kapur dan soda abu material  yang sama yang digunakan untuk membuat benda-benda kaca semacam jendela, botol, dll.

Namun, Rockwool batu terbuat dari batuan vulkanik, seperti dolomit atau basal yang merupakan material  daur ulang.

Itulah karenanya  Rockwool adalah solusi kedap suara yang paling ramah lingkungan karena terbuat dari bahan  daur ulang dan membantu meminimalisir  polusi dan risiko kebakaran.

Di indonesia sendiri Rockwool yang terbuat dari serat bebatuan yang banyak digunakan, dan mudah di ketemukan karena banya supplier, distributor rockwool  dan harganya relatif murah tetapi mempunyai kualitas yang baik

Pokok Perbedaan Pada Panel Busa Akustik dan Rockwool Insulation

  • Panel busa akustik ialah solusi buat menambah kualitas suara dengan meminimalisir kebisingan, namun, rockwool ialah solusi terbaik bakal memblokir transmisi suara.
  • Busa akustik banyak digunakan di studio dengan variasi ukuran, bentuk, dan warna buat menghilangkan energi suara, namun, rockwool terutama digunakan selama konstruksi bangunan untuk digunakan di antara rongga stud.
  • Busa akustik terbuat dari busa Poliuretan semacam bahan polieter atau poliester yang merupakan beberapa senyawa kimia namun rockwool terbuat dari material  yang mampu didaur ulang.
  • Panel busa akustik selalu mempunyai risiko terpapar api, namun rockwool sangat resisten terhadap risiko kebakaran dan bisa menahan hingga 400 derajat celsius.
  • Panel busa akustik agak mahal dibandingkan dengan rockwool.